Hakikat Belajar Matematika

Posted: 07/10/2014 in NAMA GURU-GURU SD NEGERI GANRANG JAWA 1

Dalam keseluruhan proses pendidikan di sekolah, kegiatan belajar merupakan kegiatan yang paling pokok. Ini berarti berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung kepada bagaimana pembelajaran yang dialami oleh siswa sebagai anak didik.

Para ahli pendidikan dan psikologi telah banyak mengemukakan beberapa definisi tentang belajar. Sebagaimana diungkapkan oleh Muhammad Ali (1987) yang menyatakan bahwa, menurut De Cecco dan Crowford (1977:178) individu dapat dikatakan telah menjalani proses belajar, meskipun pada dirinya hanya ada perubahan dalam kecenderungan perilaku. Pendapat lain yang dikemukakan oleh Robert M. Gagne (1980) yang menyatakan bahwa belajar adalah suatu proses yang dapat dilakukan oleh jenis-jenis makhluk hidup tertentu, sebagian besar binatang, termasuk manusia, tetapi tetumbuhan tidak. Belajar merupakan proses yang memungkinkan makhluk-makhluk ini merubah perilakunya cukup cepat dalam cara yang kurang lebih sama, sehingga perubahan yang sama tidak harus terjadi lagi dan pada setiap situasi baru.

Selanjutnya sejalan dengan beberapa pendapat, Herman Hudojo (1990) mengemukakan bahwa belajar merupakan suatu proses aktif dalam memperoleh pengalaman/pengetahuan baru sehingga menyebabkan perubahan tingkah laku.

Dengan membandingkan beberapa definisi yang terdapat dalam kepustakaan, dapat disimpulkan bahwa belajar merupakan suatu proses kegiatan yang menimbulkan perubahan perilaku sehingga seseorang lebih mampu memecahkan masalah dan berinteraksi terhadap situasi-situasi yang dihadapi. Jadi belajar matematika pada hakikatnya adalah suatu aktivitas mental untuk memahami arti dalam hubungan-hubungan dan simbol-simbol kemudian menerapkan konsep-konsep yang dihasilkan ke situasi nyata.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s