Model Pembelajaran


CIRI – CIRI MODEL PEMBELAJARAN YANG BAIK

Sebelum kita mengetahui model-model pembelajaran, alangkah baiknya jika kita mengetahui dulu ciri-cirinya. Adapun ciri-ciri model pembelajaran yang baik yaitu:

  • Adanya keterlibatan intelektual – emosional peserta didik melalui kegiatan mengalami, menganalisis, berbuat, dan pembentukan sikap
  • Adanya keikutsertaan peserta didik secara aktif dan kreatif selama pelaksanaan model pembelajaran
  • Guru bertindak sebagai fasilitator, koordinator, mediator dan motivator kegiatan belajar peserta didik
  • Penggunaan berbagai metode, alat dan media pembelajaran

MODEL – MODEL PEMBELAJARAN

1. EXAMPLES NON EXAMPLES

CONTOH DAPAT DARI KASUS / GAMBAR YANG RELEVAN DENGAN KD

Langkah-langkah :

  • Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
  • Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui OHP
  • Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada peserta didik untuk memperhatikan/menganalisis gambar
  • Melalui diskusi kelompok 2-3 orang peserta didik, hasil diskusi dari analisis gambar tersebut dicatat pada kertas
  • Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya
  • Mulai dari komentar/hasil diskusi peserta didik, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai
  • Kesimpulan

2. PICTURE AND PICTURE

Langkah-langkah :

Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai

  • Menyajikan materi sebagai pengantar
  • Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
  • Guru menunjuk/memanggil peserta didik secara bergantian untuk memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
  • Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut
  • Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menanamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
  • Kesimpulan/rangkuman

3. NUMBERED HEADS TOGETHER

KEPALA BERNOMOR (SPENCER KAGAN, 1992)

Langkah-langkah :

  • Peserta didik dibagi dalam kelompok, setiap peserta didik dalam setiap kelompok mendapat nomor
  • Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya
  • Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/ mengetahui jawabannya
  • Guru memanggil salah satu nomor peserta didik dan peserta didik yang nomornya dipanggil melaporkan hasil kerjasama diskusi kelompoknya.
  • Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain, dst
  • Kesimpulan

4. COOPERATIVE SCRIPT

(DANSEREAU CS., 1985)

Langkah-langkah :

  • Guru membagi peserta didik untuk berpasangan
  • Guru membagikan wacana/materi untuk dibaca dan dibuat ringkasannya
  • Guru dan peserta didik menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar
  • Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya. Peserta didik yang lain:
  1. Menyimak/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap
  2. Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya
  • Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti diatas.
  • Kesimpulan peserta didik bersama-sama dengan Guru
  • Penutup

5. KEPALA BERNOMOR STRUKTUR

(MODIFIKASI DARI NUMBER HEADS)

Langkah-langkah :

  • Peserta didik dibagi dalam kelompok. Setiap peserta didik dalam setiap kelompok mendapat nomor
  • Penugasan diberikan kepada setiap peserta didik berdasarkan nomor terhadap tugas yang berangkai
  • Misalnya : peserta didik nomor satu bertugas mencatat soal. Peserta didik nomor dua mengerjakan soal dan peserta didik nomor tiga melaporkan hasil pekerjaan dan seterusnya.
  • Jika perlu, guru bisa menyuruh kerja sama antar kelompok. Peserta didik disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung bersama beberapa peserta didik bernomor sama dari kelompok lain. Dalam kesempatan ini peserta didik dengan tugas yang sama bisa saling membantu atau mencocokkan hasil kerja sama mereka
  • Laporkan hasil dan tanggapan dari kelompok yang lain
  • Kesimpulan

6. STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS

TIM SISWA KELOMPOK PRESTASI (SLAVIN, 1995)

Langkah-langkah :

  • Membentuk kelompok yang anggotanya + 4 orang secara heterogen (prestasi, jenis kelamin, suku, dll)
  • Guru menyajikan pelajaran
  • Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok
  • Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh peserta didik. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu
  • Memberi evaluasi
  • Kesimpulan

7. JIGSAW (MODEL TIM AHLI)

(ARONSON, BLANEY, STEPHEN, SIKES, AND SNAPP, 1978)

Langkah-langkah :

  • Peserta didik dikelompokkan ke dalam + 4 anggota tim
  • Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang berbeda
  • Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang ditugaskan
  • Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/sub bab yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka
  • Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian menjelaskan kepada teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh
  • Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi
  • Guru memberi evaluasi
  • Penutup

8. PROBLEM BASED INSTRUCTION

(PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH)

Langkah-langkah :

  • Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dan menyebutkan sarana atau alat pendukung yang dibutuhkan. Memotivasi peserta didik untuk terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.
  • Guru membantu peserta didik mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut (menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.)
  • Guru mendorong peserta didik untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan, pengumpulan data, hipotesis, dan pemecahan masalah.
  • Guru membantu peserta didik dalam merencanakan/menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya
  • Guru membantu peserta didik untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap eksperimen mereka dan proses-proses yang mereka gunakan

9. ARTIKULASI

Langkah-langkah :

  • Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
  • Guru menyajikan materi sebagaimana biasa
  • Untuk mengetahui daya serap peserta didik, dibentuklah kelompok berpasangan dua orang
  • Menugaskan salah satu peserta didik dari pasangan itu menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan pasangannya mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran. Begitu juga kelompok lainnya
  • Menugaskan peserta didik secara bergiliran/diacak menyampaikan penjelasan teman pasangannya. Sampai sebagian peserta didik sudah menyampaikan penjelasannya
  • Guru mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami peserta didik
  • Kesimpulan/penutup

10. MIND MAPPING

Langkah-langkah :

  • Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
  • Guru mengemukakan konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh peserta didik dan sebaiknya permasalahan yang mempunyai alternatif jawaban
  • Membentuk kelompok yang anggotanya 2-3 orang
  • Tiap kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi
  • Tiap kelompok (atau diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai kebutuhan guru
  • Dari data-data di papan peserta didik diminta membuat kesimpulan atau guru memberi perbandingan sesuai konsep yang disediakan guru

11. MAKE – A MATCH

MENCARI PASANGAN (Lorna Curran, 1994)

Langkah-langkah :

  • Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban
  • Setiap peserta didik mendapat satu kartu
  • Tiap peserta didik memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang
  • Setiap peserta didik mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban)
  • Setiap peserta didik yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin
  • Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap peserta didik mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
  • Demikian seterusnya
  • Kesimpulan/penutup

12. THINK PAIR AND SHARE

(FRANK LYMAN, 1985)

Langkah-langkah :

  • Guru menyampaikan inti materi dan kompetensi yang ingin dicapai
  • Peserta didik diminta untuk berfikir tentang materi/ permasalahan yang disampaikan guru
  • Peserta didik diminta berpasangan dengan teman sebelahnya (kelompok 2 orang) dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing
  • Guru memimpin pleno kecil diskusi, tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya
  • Berawal dari kegiatan tersebut, Guru mengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah materi yang belum diungkapkan para peserta didik
  • Guru memberi kesimpulan
  • Penutup

13. DEBATE

Langkah-langkah :

  • Guru membagi 2 kelompok peserta debat yang satu pro dan yang lainnya kontra
  • Guru memberikan tugas untuk membaca materi yang akan didebatkan oleh kedua kelompok di atas
  • Setelah selesai membaca materi, Guru menunjuk salah satu anggota kelompok pro untuk berbicara saat itu, kemudian ditanggapi oleh kelompok kontra. Demikian seterusnya sampai sebagian besar peserta didik bisa mengemukakan pendapatnya.
  • Sementara peserta didik menyampaikan gagasannya, guru menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan sampai mendapatkan sejumlah ide yang diharapkan.
  • Guru menambahkan konsep/ide yang belum terungkap
  • Dari data-data yang diungkapkan tersebut, guru mengajak peserta didik membuat kesimpulan/rangkuman yang mengacu pada topik yang ingin dicapai.

14. ROLE PLAYING

Langkah-langkah :

  • Guru menyusun/menyiapkan skenario yang akan ditampilkan
  • Menunjuk beberapa peserta didik untuk mempelajari skenario dalam waktu beberapa hari sebelum KBM
  • Guru membentuk kelompok peserta didik yang anggotanya 5 orang
  • Memberikan penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai
  • Memanggil para peserta didik yang sudah ditunjuk untuk melakonkan skenario yang sudah dipersiapkan
  • Masing-masing peserta didik berada di kelompoknya sambil mengamati skenario yang sedang diperagakan
  • Setelah selesai ditampilkan, masing-masing peserta didik diberikan lembar kerja untuk membahas penampilan masing-masing kelompok.
  • Masing-masing kelompok menyampaikan hasil kesimpulannya
  • Guru memberikan kesimpulan secara umum
  • Evaluasi
  • Penutup

15. GROUP INVESTIGATION

(SHARAN, 1992)

Langkah-langkah :

  • Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen
  • Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok
  • Guru memanggil ketua kelompok dan setiap kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain
  • Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif yang bersifat penemuan
  • Setelah selesai diskusi, juru bicara kelompok menyampaikan hasil pembahasan kelompok
  • Guru memberikan penjelasan singkat sekaligus memberi kesimpulan
  • Evaluasi
  • Penutup

16. TALKING STICK

Langkah-langkah :

  • Guru menyiapkan sebuah tongkat
  • Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk membaca dan mempelajari materi.
  • Setelah selesai membaca materi/buku pelajaran dan mempelajarinya, peserta didik menutup bukunya.
  • Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada peserta didik, setelah itu guru memberikan pertanyaan dan peserta didik yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya sampai sebagian besar peserta didik mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru
  • Guru memberikan kesimpulan
  • Evaluasi
  • Penutup

17. BERTUKAR PASANGAN

Langkah-langkah :

  • Setiap peserta didik mendapat satu pasangan (guru bisa menunjuk pasangannya atau peserta didik memilih sendiri pasangannya).
  • Guru memberikan tugas dan peserta didik mengerjakan tugas dengan pasangannya.
  • Setelah selesai setiap pasangan bergabung dengan satu pasangan yang lain.
  • Kedua pasangan tersebut bertukar pasangan, kemudian pasangan yang baru ini saling menanyakan dan mencari kepastian jawaban mereka.
  • Temuan baru yang didapat dari pertukaran pasangan kemudian dibagikan kepada pasangan semula.
  • Penutup

18. SNOWBALL THROWING

Langkah-langkah :

  • Guru menyampaikan materi yang akan disajikan
  • Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi
  • Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya
  • Masing-masing peserta didik diberi satu lembar kertas, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
  • Kemudian kertas yang berisi pertanyaan tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu peserta didik ke peserta didik yang lain selama ± 15 menit
  • Setelah peserta didik dapat satu bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian
  • Penutup

19. STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING

Langkah-langkah :

  • Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
  • Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
  • Memberikan kesempatan peserta didik untuk menjelaskan kepada peserta didik lainnya misalnya melalui bagan/peta konsep.
  • Guru menyimpulkan ide/pendapat dari peserta didik.
  • Guru menerangkan semua materi yang disajikan saat itu.
  • Penutup

20. COURSE REVIEW HORAY

Langkah-langkah :

  • Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
  • Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
  • Memberikan kesempatan peserta didik tanya jawab
  • Untuk menguji pemahaman, peserta didik disuruh membuat kotak 9/16/25 sesuai dengan kebutuhan dan tiap kotak diisi angka sesuai dengan selera masing-masing peserta didik
  • Guru membaca soal secara acak dan peserta didik menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan langsung didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar (Ö) dan salah diisi tanda silang (x)
  • Peserta didik yang sudah mendapat tanda (Ö) vertikal atau horisontal, atau diagonal harus berteriak horay … atau yel-yel lainnya
  • Nilai peserta didik dihitung dari jawaban benar jumlah horay yang diperoleh
  • Penutup

21. DEMONSTRATION

(Khusus materi yang memerlukan peragaan atau percobaan misalnya Gussen)

Langkah-langkah :

  • Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
  • Guru menyajikan gambaran sekilas materi yang akan disampaikan
  • Menyiapkan bahan atau alat yang diperlukan
  • Menunjuk salah seorang peserta didik untuk mendemontrasikan sesuai skenario yang telah disiapkan.
  • Seluruh peserta didik memperhatikan demontrasi dan menganalisisnya.
  • Tiap peserta didik mengemukakan hasil analisisnya dan juga pengalaman peserta didik didemontrasikan.
  • Guru membuat kesimpulan.

22. EXPLICIT INSTRUCTION

PEMBELAJARAN LANGSUNG (ROSENSHINA & STEVENS, 1986)

Pembelajaran langsung khusus dirancang untuk mengembangkan cara belajar peserta didik tentang pengetahuan prosedural dan pengetahuan deklaratif yang dapat diajarkan dengan pola selangkah demi selangkah

Langkah-langkah :

  • Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan peserta didik
  • Mendemonstrasikan pengetahuan dan ketrampilan
  • Membimbing pelatihan
  • Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
  • Memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan

23. COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)

KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS (STEVEN & SLAVIN, 1995)

Langkah-langkah :

  • Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang secara heterogen
  • Guru memberikan wacana/kliping sesuai dengan topik pembelajaran
  • Peserta didik bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana/kliping dan ditulis pada selembar kertas
  • Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok
  • Guru membuat kesimpulan bersama
  • Penutup

24. INSIDE-OUTSIDE-CIRCLE

(LINGKARAN KECIL-LINGKARAN BESAR)

(SPENCER KAGAN)

Peserta didik saling membagi informasi pada saat yang bersamaan, dengan pasangan yang berbeda dengan singkat dan teratur

Langkah-langkah :

  • Separuh kelas berdiri membentuk lingkaran kecil dan menghadap keluar
  • Separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama, menghadap ke dalam
  • Dua orang peserta didik yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan
  • Kemudian peserta didik yang berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara peserta didik yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum jam.
  • Sekarang giliran peserta didik yang berada di lingkaran besar yang membagi informasi. Demikian seterusnya

25. TEBAK KATA

MEDIA :

Buat kartu ukuran 10 X 10 cm dan isilah ciri-ciri atau kata-kata lainnya yang mengarah pada jawaban (istilah) pada kartu yang ingin ditebak. Buat kartu ukuran 5 X 2 cm untuk menulis kata-kata atau istilah yang mau ditebak (kartu ini nanti dilipat dan ditempel pada dahi atau diselipkan di telinga).

Langkah-langkah :

  • Guru menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai atau materi ± 45 menit.
  • Guru menyuruh peserta didik berdiri berpasangan di depan kelas
  • Seorang peserta didik diberi kartu yang berukuran 10 x 10 cm yang nanti dibacakan pada pasangannya. Seorang peserta didik yang lainnya diberi kartu yang berukuran 5 x 2 cm yang isinya tidak boleh dibaca (dilipat) kemudian ditempelkan di dahi atau diselipkan ditelinga. Peserta didik yang membawa kartu 10 x 10 cm membacakan kata-kata yang tertulis didalamnya sementara pasangannya menebak apa yang dimaksud dalam kartu 10 x 10 cm. Jawaban tepat bila sesuai dengan isi kartu yang ditempelkan tsb.
  • Apabila jawabannya tepat (sesuai yang tertulis di kartu) maka pasangan itu boleh duduk. Bila belum tepat pada waktu yang telah ditetapkan, peserta didik boleh mengarahkan dengan kata-kata lain asal jangan langsung memberi jawabannya.
  • Dan seterusnya

CONTOH KARTU – 1

Aku sebuah perusahaan

Aku sebuah perusahaan

Tanggung-jawabku tidak terbatas

Aku dimiliki oleh 1 orang

Struktur organisasiku tidak resmi

Bila untung dimiliki, diambil sendiri

NAH … SIAPA … AKU ?

JAWAB : PERUSAHAAN PERSEORANGAN

CONTOH KARTU – 2

LATAR BELAKANG TIMBULNYA KOPERASI INDONESIA

KATA KONSEP

Penjajahan

Penderitaan

Kemiskinan

Solidaritas

Organisasi Koperasi

Aria Wirya Atmaja

Bank Penolong & tabungan

Koperasi Simpan Pinjam

Budi Utomo

Koperasi Konsumsi

UU Kep/stb NO 91 Tahun 1992

Asas DemokrasiEkonomi Rakyat

Alat Distribusi

Asas Pancasila

UUD 1945 Pasal 23

UU No 12 Tahun 1997

UU No 25 Tahun 1992

Serikat Dagang Islam

Tugas :

  • Buatlah sekurang-kurangnya lima kalimat menurut pendapatmu sendiri. Secara ringkas harus mencakup paling sedikit 4 kata dari daftar di atas dan setiap kata dapat dipakai berulang-ulang
  • Kerja kelompok : Diskusikanlah kalimat-kalimat anda apabila kalimat anda sudah benar
  • Hasil diskusi kelompok. Didiskusikan kembali untuk mendapatkan Kesimpulan

26. WORD SQUARE

MEDIA :

  • Buat kotak sesuai keperluan
  • Buat soal sesuai kompetensi yang ingin dicapai

Langkah-langkah :

  • Guru menyampaikan materi sesuai kompetensi yang ingin dicapai.
  • Guru membagikan lembaran kegiatan sesuai contoh
  • Peserta didik menjawab soal kemudian mengarsir huruf dalam kotak sesuai jawaban
  • Berikan poin setiap jawaban dalam kotak

Contoh Kotak Jawaban :

T Y E N I O K N
R A U A N K U O
A B A R T E R M
N A N I R R S I
S D G I I T G N
A O N L S A I A
K L A A I S R L
S A C E K B O S
I R I N G G I T

CONTOH SOAL :

  • Sebelum mengenal uang orang melakukan pertukaran dengan cara ….
  • … digunakan sebagai alat pembayaran yang sah
  • Uang … saat ini banyak di palsukan
  • Nilai bahan pembuatan uang disebut ….
  • Kemampuan uang untuk ditukar dengan sejumlah barang atau jasa disebut nilai ….
  • Nilai perbandingan uang dalam negara dengan mata uang asing disebut ….
  • Nilai yang tertulis pada mata uang disebut nilai ….
  • Dorongan seseorang menyimpan uang untuk keperluan jual beli disebut motif ….
  • Perintah tertulis dari seseorang yang mempunyai rekening ke bank untuk membayar sejumlah uang disebut ….

27. SCRAMBLE

MEDIA :

  1. Buatlah pertanyaan yang sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
  2. Buat jawaban yang diacak hurufnya

Langkah-langkah :

  • Guru menyajikan materi sesuai kompetensi yang ingin dicapai
  • Membagikan lembar kerja sesuai contoh

Contoh :
Susunlah huruf-huruf pada kolom B sehingga merupakan kata kunci (jawaban) dari pertanyaan kolom A.

A

  1. Sebelum mengenal uang orang melakukan pertukaran dengan cara …
  2. ……digunakan sebagai alat pembayaran yang sah
  3. Uang … saat ini banyak dipalsukan
  4. Nilai bahan pembuatan uang disebut nilai …
  5. Kemampuan uang untuk ditukar dengan sejumlah barang atau jasa disebut nilai …
  6. Nilai perbandingan uang dalam negeri dengan mata uang asing disebut …
  7. Nilai yang tertulis pada uang disebut nilai …
  8. dorongan seseorang menyimpan uang untuk keperluan jual beli disebut …
  9. perintah tertulis dari seseorang yang mempunyai rekening di bank untuk membayar sejumlah uang disebut …

B

1. TARREB ………….

2. GANU …………….

3. TRASEK …………

4. KISTRINI ………..

5. LIRI ……………….

6. SRUK …………….

7. MINALON ……….

8. SAKSITRAN …….

9. KEC ………………

28. TAKE AND GIVE

MEDIA :

  1. Kartu ukuran ± 10 x 15 cm sejumlah peserta. Tiap kartu berisi sub materi (yang berbeda dengan kartu yang lainnya), materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
  2. Kartu contoh sejumlah peserta didik
  3. CONTOH Kartu :

NAMA PESERTA DIDIK :

SUB MATERI :

NAMA YANG DIBERI

1.

2

3.

4. dst.

Langkah-langkah :

  • Siapkan kelas sebagaimana mestinya
  • Jelaskan materi sesuai kompetensi yang ingin dicapai
  • Untuk memantapkan penguasaan peserta tiap peserta didik diberi masing-masing satu kartu untuk dipelajari (dihapal) lebih kurang 5 menit
  • Semua peserta didik disuruh berdiri dan mencari pasangan untuk saling memberi informasi. Tiap peserta didik harus mencatat nama pasangannya pada kartu contoh.
  • Demikian seterusnya sampai tiap peserta dapat saling memberi dan menerima materi masing-masing (take and give).
  • Untuk mengevaluasi keberhasilan berikan peserta didik pertanyaan yang tak sesuai dengan kartunya (kartu orang lain).
  • Strategi ini dapat dimodifikasi sesuai keadaan
  • Kesimpulan

29. CONCEPT SENTENCE

Langkah-langkah :

  • Guru menyampaikan kompentensi yang ingin dicapai.
  • Guru menyajikan materi secukupnya.
  • Guru membentuk kelompok yang anggotanya ± 4 orang secara heterogen.
  • Guru menyajikan beberapa kata kunci sesuai materi yang disajikan.
  • Tiap kelompok disuruh membuat beberapa kalimat dengan menggunakan minimal 4 kata kunci setiap kalimat.
  • Hasil diskusi kelompok didiskusikan kembali secara pleno yang dipandu oleh Guru.
  • Kesimpulan.

30. COMPLETE SENTENCE

Media : Siapkan blangko isian berupa paragraf yang kalimatnya belum lengkap

Langkah-langkah :

  • Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
  • Guru menyampaikan materi secukupnya atau peserta didik disuruh membacakan buku atau modul dengan waktu secukupnya
  • Guru membentuk kelompok 2 atau 3 orang secara heterogen
  • Guru membagikan lembar kerja berupa paragraf yang kalimatnya belum lengkap (lihat contoh).
  • Peserta didik berdiskusi untuk melengkapi kalimat dengan kunci jawaban yang tersedia.
  • Peserta didik berdiskusi secara berkelompok
  • Setelah jawaban didiskusikan, jawaban yang salah diperbaiki. Tiap peserta didik membaca sampai mengerti atau hapal
  • Kesimpulan

31. TIME TOKEN

(ARENDS 1998)

Struktur yang dapat digunakan untuk mengajarkan keterampilan sosial, untuk menghindari peserta didik mendominasi pembicaraan atau peserta didik diam sama sekali

Langkah-langkah :

  • Kondisikan kelas untuk melaksanakan diskusi (cooperative learning / CL)
  • Tiap peserta didik diberi kupon berbicara dengan waktu ± 30 detik. Tiap peserta didik diberi sejumlah nilai sesuai waktu yang digunakan.
  • Bila telah selesai bicara kupon yang dipegang peserta didik diserahkan. Setiap bebicara satu kupon.
  • Peserta didik yang telah habis kuponnya tak boleh bicara lagi. Yang masih pegang kupon harus bicara sampai kuponnya habis.
  • Dan seterusnya

32. KELILING KELOMPOK

Maksudnya agar masing-masing anggota kelompok mendapat

kesempatan untuk memberikan kontribusi mereka dan

mendengarkan pandangan dan pemikiran anggota lainnya

Caranya ….?

  • Salah satu peserta didik dalam masing-masing kelompok menilai dengan memberikan pandangan dan pemikirannya mengenai tugas yang sedang mereka kerjakan
  • Peserta didik berikutnya juga ikut memberikan kontribusi-nya
  • Demikian seterusnya giliran bicara bisa dilaksanakan arah perputaran jarum jam atau dari kiri ke kanan

33. TARI BAMBU

Agar peserta didik saling berbagi informasi pada saat yang bersamaan dengan pasangan yang berbeda dalam waktu singkat secara teratur. Strategi ini cocok untuk materi yang membutuhkan pertukaran pengalaman pikiran dan informasi antar peserta didik

Caranya :

  • Separuh kelas atau seperempat jika jumlah peserta didik terlalu banyak berdiri berjajar . Jika ada cukup ruang mereka bisa berjajar di depan kelas. Kemungkinan lain adalah peserta didik berjajar di sela-sela deretan bangku. Cara yang kedua ini akan memudahkan pembentukan kelompok karena diperlukan waktu relatif singkat.
  • Separuh kelas lainnya berjajar dan menghadap jajaran yang pertama
  • Dua orang peserta didik yang berpasangan dari kedua jajaran berbagi informasi.
  • Kemudian satu atau dua peserta didik yang berdiri di ujung salah satu jajaran pindah ke ujung lainnya di jajarannya. Jajaran ini kemudian bergeser. Dengan cara ini masing-masing peserta didik mendapat pasangan yang baru untuk berbagi. Pergeseran bisa dilakukan terus sesuai dengan kebutuhan

35. DUA TINGGAL DUA TAMU

(TWO STAY TWO STRAY)

(SPENCER KAGAN 1992)

Memberi kesempatan kepada kelompok untuk membagikan hasil dan informasi dengan kelompok lainnya.

Caranya :

  • Peserta didik bekerja sama dalam kelompok yang berjumlah 4 (empat) orang
  • Setelah selesai, dua orang dari masing-masing menjadi tamu kedua kelompok yang lain
  • Dua orang yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerja dan informasi ke tamu mereka
  • Tamu mohon diri dan kembali ke kelompok mereka sendiri dan melaporkan temuan mereka dari kelompok lain
  • Kelompok mencocokkan dan membahas hasil kerja mereka
Komentar
  1. umi mengatakan:

    contoh yang complete sentence mana? perlu soalnya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s